Home » » Serie A Paling Kejam terhadap Pelatih

Serie A Paling Kejam terhadap Pelatih

Mantan bos AC Milan, Massimiliano Allegri, bukan satu-satunya pelatih Serie A yang kehilangan pekerjaan pada Senin (13/1). Arsitek Livorno, Davide Nicola, juga mengalami nasib serupa.


Kepastian dipecatnya Nicola disampaikan Livorno lewat situs resmi klub. "Livorno dengan ini menyampaikan bahwa pelatih Davide Nicola diberhentikan dari jabatannya. Klub menyampaikan terima kasih atas profesionalisme dan dedikasi yang diperlihatkan selama ini," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Nicola merupakan pelatih yang membawa Livorno promosi dari Serie B musim lalu. Hanya, lelaki berusia 40 tahun tersebut kesulitan menciptakan tim yang kompetitif di kompetisi paling elite Italia. Livorno saat ini tertahan di peringkat ke-19 klasemen sementara dan hanya meraih satu poin dari sembilan giornata pamungkas.

Januari 2014 sepertinya bukan bulan yang baik bagi pelatih klub Serie A. Hanya beberapa hari lalu, Bologna juga resmi memutus hubungan kerja dengan pelatih Stefano Pioli.

Diberhentikannya tiga pelatih sekaligus pada awal tahun tak pelak menjadikan Serie A sebagai kompetisi paling kejam bagi pelatih di musim 2013/14. Tercatat sudah delapan arsitek tim yang dipecat pada separuh musim pertama. Jumlah itu adalah yang terbanyak di antara liga sepak bola utama di Eropa, yakni La Liga (3 pelatih), Eredivisie (3), Bundesliga (4), Ligue 1 (6), dan Premier League (6).

Di sisi lain, efektivitas pergantian pelatih di Serie A ini sebenarnya patut dipertanyakan. Dari lima pergantian pelatih pertama di Liga Italia, hanya Gian Piero Gasperini yang memperlihatkan perbaikan signifikan dengan mengangkat Genoa dari peringkat ke-15 menjadi posisi ke-10 untuk sementara.

Pemecatan Pelatih Serie A 2013/14:
No.        Klub                                    Pelatih yang Dipecat                           Pengganti
1.            Bologna                  Fabio Liverani                               Gian Piero Gasperini
2.            Catania                   Rolando Maran                             Luigi De Canio
3.            Sampdoria              Delio Rossi                                    Sinisa Mihajlovic
4.            Chievo                    Giuseppe Sannino                          Eugenio Corrini
5.            Lazio                      Vladimir Petkovic                           Edoardo Reja
6.            Bologna                  Stefano Pioli                                 Davide Ballardini
7.            AC Milan                 Massimiliano Allegri                       Mauro Tassotti
8.            Livorno                   Davide Nicola                                 belum ditentukan

0 komentar:

Posting Komentar

Agen Poker Populer

Agen poker online uang asli yang memberikan pelayanan terbaik serta jaminan menang berapapun pasti di bayar jadi anda tidak perlu ragu lagi bergabung bersama kudapoker